Tips Dapatkan Kamar Mandi Minimalis Namun Kece

0
103
Tips Dapatkan Kamar Mandi Minimalis Namun Kece
Tips Dapatkan Kamar Mandi Minimalis Namun Kece

Jika anda berpikir bahwa kamar mandi tidak perlu di desain hanya dibuat sesuai insting saja tentu anda telah salah besar. Kamar mandi seharusnya perlu di terapkan desain yang bagus dan indah dengan udara yang nyaman dan tidak pengap agar ketika kita menggunakan kamar mandi tersebut juga terasa nyaman digunakan dan tetap terjaga kebersihannya. Karena kamar mandi juga merupakan salah satu ruangan yang memiliki karakter khusus, tentunya juga membutuhkan berbagai perangkat didalam ruangannya agar dapat berfungsi dengan baik.

Kita juga seharusnya lebih memperhatikan pencahayaan dalam kamar mandi, kebutuhan sanitasi, saluran air hinga pengcahayaan dan pengudaraannya haruslah di perhatikan. Kamar mandi tidaklah seperti ruangan lain didalam rumah yang dapat di tata ulang, seperti toilet, wastafel, sampai ke  instalasi air, kesalahan dalam melakukan penataan kamar mandi akan menimbulkan efek jangka panjang yang akan merugikan penggunanya.

Berikut teritori digital memberikan beberapa hal yang seharusnya anda jaga ketika menata ruangan di dalam kamar mandi :

Memisahkan area basah dan area kering

Ditinjau dari fungsi pemakaiannya area didalam kamar mandi haruslah dibagi menjadi dua bagian yaitu area kering dan area basah. Area kering biasanya digunakan untuk aktivitas seperti menggosok gigi, buang air kecil dan kebutuhan sanitasi lainnya. Sedangkan untuk area basah merupakan tempat kita untuk melakukan aktivitas mandi.

Kamar mandi yang tidak memisahkan area kering dan basah dapat menimbulkan resiko kecelakaan lebih besar seperti jatuh terpeleset dan lain sebagainya. Dikarenakan area basah dan area kering yang disatukan lama kelamaan kamar mandi akan menjadi lembab dan menimbulkan berbagai macam bakteri termasuk lumut yang merusak dinding, lantai maupun perangkat lainnya yang ada di dalam kamar mandi.

Anda dapat memisahkan kamar mandi dengan menggunakan partisi ruangan biasanya menggunakan kaca agar kamar mandi terlihat lebih nyaman. Penggunaan kaca sebagai partisi juga telah memisahkan area kering dan basah anda dengan baik. Gunakanlah kaca tempered glass dengan berdasarkan tekstur kasar dipermukaannya agar area basah tidak menjadi licin. Jangan menyekat ruangan dengan menggunakan dinding sekat untuk memisahkan daerah basah dan kering karena kamar mandi menjadi telihat sumpek dan memberikan kesan yang sangat tertutup.

Memisahkan kloset dengan pintu

Kloset didalam kamar mandi jangan ditempatkan di depan pintu kamar mandi karena ketika hendak mau masuk kamar mandi nantinya akan mengganggu keindahan interior di dalam kamar mandi selain itu juga mengganggu kebutuhan privasi. Bayangkan jika penggunanya lupa untuk mengunci pintu ketika menggunakan kamar mandi.

Alternatifnya anda dapat meletakan wastafel dibagian depan pintu kamar mandi sementara klosetnya nanti dapat ditempatkan di samping pintu dibagian area kering di depan kamar mandi. Atau anda dapat meletakan kloset tepat dibagian pembatas yang menggunakan kaca.

Jangan meletakan lampu tepat diatas cermin

Kesalahan ini sangat sering terjadi meskipun telah diingatkan beberapa kali namun kesalahan dalam meletakan lampu tepat diatas cermin kerap kali terjadi. Memang benar saat melakukan perawatan wajah atau bercukur di wastafel anda membutuhkan penerangan yang lebih.

Namun pencahayaan langsung yang terpasang diatas cermin akan menghasilkan bayangan yang dapat mengganggu selain itu juga akan menimbulkan kesilauan ketika kita bercermin nantinya. Anda dapat memasang task light pada kedua sisi cermin ataupun pemasangan lampu dapat di sejajarkan dengan mata.

Gunakan material tahan air sebagai pelapis

Idealnya untuk material di dalam kamar mandi gunakanlah meterial tahan air sebagai pelapis depan seperti keramik kamar mandi atau menggunakan mosaik. Sekarang ini juga terdapat berbagai material inovatif yang akan menambah kesan kece kamar mandi. Material di dalam kamar mandi haruslah diperhatikan, kesalahan dalam memilih material untuk kamar mandi akan meningkatkan biaya perawatan kamar mandi.

Jika menggunakan pelapis dinding seperti wallpaper akan mudah rusak dan berjamur jika digunakan untuk melindungi dinding kamar mandi, khususnya pada area lembap uap panas dari pemanas air akan membuat wallpaper lebih cepat terkelupas. Penggunaan material alami seperti kayu dan batu alam juga rentan mengalami pengikisan dan kerusakan jika digunakan sebagai pelapis lantai atau dinding kamar mandi.

Hindari pemakaian perangkat elektronik di dalam kamar mandi

Menggunakan perangkat listrik didalam kamar mandi sangatlah berbahaya pasalnya kondisi lembap dan basah di dalam kamar mandi akan dapat menimbulkan koslet kecil listrik. Meskipun begitu kebutuhan penerangan tetap tidak dapat kita hindari untuk itulah hendaknya menggunakan lampu yang dilindungi kaca anti air ataupun embun dengan bidang yang telah ditutupi lapisan anti air. Permukaan stop kontak juga dapat kita tutup menggunakan lapisan anti air sebagai pengamanannya.

     Baca juga : Jasa Arsitek Medan Frideas

Jasa Interior Design Medan

Itulah beberapa tips yang dapat dibagikan oleh teritori digital jika mengalami kesulitan, anda dapat mencari perusahaan penyedia jasa desain interior untuk membantu dalam mendesignkan seluruh ruangan rumah dengan kamar mandi yang baik, saluran air dan instalasi listrik yang baik haruslah anda butuhkan dalam membangun sebuah rumah. Jika anda sedang mencari jasa desain interior dikota Medan, saya menyarankan menggunakan jasa interior desing Medan Frideas Collective. Frideas telah banyak membantu masyarakat kota Medan mendapatkan rumah idaman mereka, selain memiliki tim yang berpengalaman lama, Frideas juga konsisten dalam menjaga kualitas bahan bangunan yang digunakan dalam membangun perumahan dikota Medan.

Selain itu Frideas juga menawarkan jasa kontraktor Medan, Jasa arsitek Medan, Jasa Interior Desain Medan untuk membantu anda. Hubungi tim Frideas untuk mendapatkan jasa mereka di 0859-2340-4332 atau melalui website resmi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here